Hasil dan Catatan Pinggir Dari Kejuaraan Kempo Camat Teluk Mutiara Cup I

author
2
5 minutes, 4 seconds Read

KEJUARAAN Kempo Antar Dojo memperebutkan Piala Bergilir Camat Teluk Mutiara Cup I Tahun 2021 telah berakhir pada Minggu (12/12/2021) sore. Namun ada sejumlah asa yang menjadi catatan dari ajang ini, demi peningkatan prestasi para kenshi/atlit cabang olahraga bela diri kempo yang selalu mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional.
Pantauan alorpos.com, laga pamuncak kejuaraan kempo yang berlangsung di Lapangan Futsal Kelurahan Wetabua, Kecamatan Teluk Mutiara ini, yakni pertarungan di Kelas Randori Dewasa Putra, yang dimenangkan Mohamad Ghozi Hasan. Sementara itu, hasil kejuaraan sebagaimana dibacakan simpae/pelatih senior (dua dan), Kadarusman Nor,S.Pd, untuk Kategori Embu atau Berpasangan; Juara I Embu Putra Tingkat SD diraih Ayuningsi Lobang dan Putri A.Djuma. Juara I Embu Putri Tingkat SMP diperoleh Rifkah Husen dan Rima Lalang. Juara I Embu Putra Tingkat SMP diraih Glensius Lobang dan Farel Paselang. Juara I Embu Putri Tingkat SMA disabet Tiara Hasan dan Mariance Babeika. Juara I Embu Putra Tingkat SMA diraih Irfan Bin Djafar dan Wawan Hasan.

Pertarungan final di Kelas Randori Dewasa sebagai laga pamuncak Camat TM Cup I Tahun 2021

Sedangkan Kategori Randori: Juara I Randori Putri Tingkat SMP diraih Suryani Pirkita yang turun di kelas 34-35 Kg. Juara I Randori Putra Tingkat SMP disabet Steavan F.Paselang di kelas 45-50 Kg. Juara I Randori Putri Tingkat SMA diperoleh Mariyana Dukabain di Kelas 45 Kg. Juara I Randori Putra Tingkat SMA disabet Arjun Masale di Kelas 55-60 Kg. Juara I Randori Dewasa Putra diraih Mohamad Ghozi Hasan.
Hasil lengkap dari kejuaraan ini, menempatkan Dojo Kecamatan Teluk Mutiara sebagai Juara Umum I dengan total raihan medali, 25 Emas, 107 Perak dan 19 Perunggu). Runner Up atau Juara Umum II diperoleh Dojo Kokar, Kecamatan Alor Barat Laut yang mengoleksi 12 Emas, 18 Perak dan 14 Perunggu. Sedangkan Dojo MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Kalabahi harus puas di posisi ke tiga, dengan raihan 8 Emas, 11 Perak dan 17 Perunggu. Dengan demikian, Dojo Kecamatan Teluk Mutiara sebagai Juara Umum I berhak atas piala bergilir Camat Teluk Mutiara Cup I Tahun 2021.

Simpae senior, Kadarusman Nor,S.Pd saat membacakan hasil kejuaraan Camat TM Cup I Tahun 2021

Panitia juga mengumumkan kenshi terbaik putra dan putri dari Kejuaraan Camat Teluk Mutiara Cup I ini, yakni Waludin I.Wolang dari Dojo Kokar sebagai Kenshi Terbaik Putra dan Rambu Hesri dari Dojo Kecamatan Teluk Mutiara sebagai Kenshi Terbaik Putri.
Menurut Kadarusman Nor, Kenshi Terbaik Putra dan Putri dari Kejuaraan ini dinilai dari sisi keseriusan, ketaatan terhadap aturan, dan teknik bela diri terbaik sesuai penilaian para wasit.
“Dalam pertandingan itu, mereka dinilai sangat taat aturan dan mengikuti gerakan-gerakan dalam ilmu bela diri kempo dengan baik,”tandas Kadarusman menjawab wartawan.

Camat Teluk Mutiara, Ridwan Nampira,S.Sos saat menyerahkan Piala Bergilir kepada Dojo Kecamatan Teluk Mutiara

Sementara itu, dalam sambutannya, Camat Teluk Mutiara, Ridwan Nampira,S.Sos menyampaikan bahwa kejuaraan ini akan menjadi agenda tetap setiap tahun di Kecamatan Teluk Mutiara. Kepada kenshi yang meraih juara, dia menyampaikan selamat dan menjadi motivasi untuk terus berlatih untuk meraih prsetasi pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya.
“Adik-adik harus giat berlatih untuk bisa mengikuti kejuaraan, baik di tingkat propinsi, nasional maupun tingkat internasional. Sedangkan adik-adik yang belum meraih kemenangan, harus terus berlatih dan tetap semangat. Percaya bahwa dengan tekun berlatih, pasti akan meraih juara pada event kejuaraan lainnya di masa datang,”kata Ridwan sembari menutup Kejuaraan Camat Teluk Mutiara Cup I Tahun 2021.

Drs.Victor Dakamoly saat menyampaikan Laporan Panitia Penyelenggara Camat TM Cup I Thn.2011

Ketua Panitia Penyelenggara, Drs.Victor Dakamoly dalam laporannya menyampaikan bahwa para atlit atau kenshi dari ke tiga Dojo yakni Dojo Kecamatan Teluk Mutiara, Dojo Kokar-Kecamatan Alor Barat Laut dan Dojo Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kalabahi yang tampil, telah meperlihatkan kemampuan maksimal. Karena itu, lanjut Dakamoly, panitia menyampaikan terima kasih kepada pelatih dari ketiga dojo dimaksud, sambil terus berusaha meningkatkan kemampuan para kenshi pada masa mendatang.
“Panitia juga menyampaikan terima kasih kepada Camat Teluk Mutiara bersama para lurah/kepala desa se-Kecamatan Teluk Mutiara yang telah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kejuaraan kempo antara dojo ini. Kepada para kenshi pelajar tingkat SD, SMP dan SMA atau sederajat, percayalah bahwa setiap tetesan keringat, bahkan mungkin darah, tidak akan sia-sia untuk masa depan kalian yang lebih baik,”tandas Dakamoly.
Berbagai kekurangan selama kejuaraan ini, menurut Dakamoly, akan dievaluasi sehingga kejuaraan serupa di tahun mendatang akan lebih baik lagi
Ketua Perkemi Kabupaten Alor, Amirullah,SH.,M.AP salut dengan komitmen Camat Teluk Mutiara untuk menggelar kejuaraan ini setiap tahunnya. Menurut Amirullah, idealnya, minimal ada tiga kejuaraan dalam setahun, sehingga memotivasi para kenshi pemula berlatih secara maksimal dalam menghadapi kejuaraan dimaksud. Ia menyadari keterbatasan kemampuan daerah dalam memberikan dukungan dana bagi pembinaan para atlit, karena itu pihaknya juga berupaya mencari solusi lain, termasuk dengan para sponsor dari pihak swasta yang peduli.

Kadarusman Nor,S.Pd dan Marcel Billi,S.Sos (kanan)

Sementara itu, Kadarusman Nor,S.Pd sebagai pelatih senior kempo di Kabupaten Alor menjawab media ini menilai para kenshi yang tampil rata-rata anak sekolah yang masih baru, tetapi mereka punya potensi yang baik. Ia optimis, jika setiap Dojo memberikan pelatihan secara baik dan teratur, serta adanya kejuaraan antar dojo, maka akan melahirkan kenshi atau atlit yang berkualitas.
“Akibat pandemi Covid-19, maka dua tahun ini tidak ada kejuaraan, tetapi dengan Camat Teluk Mutiara Cup I ini, sangat bagus dan mendorong kami untuk mempersiapkan anak-anak lebih bagus lagi dalam berlatih,”kata guru MAN Kalabahi ini.
Kadarusman menilai, kenshi yang ada saat ini belum maksimal karena masih baru. Pihaknya akan terus berupaya untuk menghasilkan kenshi yang berkualitas, untuk bisa tampil dalam ajang Popda dan Poprop 2022.
Dia juga menghimbau semua kenshi yang mengikuti kejuaraan ini agar terus giat berlatih, karena proses mendapatkan hasil itu perlu latihan yang serius dan dorongan orang tua yang baik.
“Dengan demikian, kita bisa dapatkan atlit Alor yang bisa mengikuti jejak Nur Alil (yang meraih medali emas di kejuaraan dunia) dan Niken Dakamoly yang meraih medalo di ajang PON (Pekan Olahraga Nasional),”tandas Kadarusman dalam kegiatan yang dihadiri Babinkamtibmas, Babinsa dan para lurah/kepala desa se-Kecamatan Teluk Mutiara ini. (ap/linuskia)

 

Similar Posts

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *