Sukses Besar di Pileg, Ketua PKB Alor Mulai Bermanuver Menuju Pilkada

author
5 minutes, 50 seconds Read

alorpos.com–HASIL rekapitulasi KPU Kabupaten Alor memperlihatkan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 khususnya untuk memperebutkan 30 kursi DPRD Kabupaten Alor, ada tiga partai politik (Parpol) yang mengukir prestasi gemilang karena masing-masing meraih 4 kursi, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera PKS). Hal ini merupakan sejarah baru di daerah ini karena untuk pertama kalinya, ketiga Parpol ini akan menempatkan kadernya sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Alor.

Ketua DPC PKB Kabupaten Alor, Paulus Brikmar atau yang akrab disapa Buce Brikmar sudah mengklaim bahwa PKB akan menempati posisi Ketua DPRD Kabupaten Alor karena unggul dalam perolehan suara sah Pemilu jika dibandingkan dengan Partai Gerindra dan PKS. Ketika melakukan pawai kemenangan dari Stadion Mini Kalabahi hingga finish di Pelabuhan Moru, ibu kota Kecamatan Alor Barat Daya, Selasa (5/3/2024) pekan lalu, Buche Brikmar dalam orasinya mengatakan bahwa kursi Ketua DPRD menjadi milik PKB sebagai pemenang Pemilu.

“Sebagai pemenang Pemilu dengan meraih 11.204 suara, maka posisi Ketua DPRD Kabupaten Alor berada pada PKB. Maka dari Moru, Kecamatan Alor Barat Daya, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Kabupaten Alor yang telah memberikan kepercayaan kepada PKB,”demikian pernyataan Buche Brikmar sebagaimana dikutip media ini dari live streaming facebooknya dari Pelabuhan Moru.

Kesempatan itu, Buche Brikmar juga menekankan bahwa sehabis (Pileg) ini, akan memasuki satu perhelatan politik daerah, yaitu Pilkada Alor.

“Maka pada posisi ini juga saya perlu menyampaikan kepada semua keluarga besar, bahwa per hari ini PKB belum berpikir soal itu. Tetapi melalui mekanisme partai, kami akan membawa ini dalam Rapat Dewan Pengurus Cabang dan kami akan putuskan,”tandas Brikmar.

Meski demikian, nampaknya Buche Brikmar tidak bisa mengelak bahwa tahapan Pilkada sudah dimulai, sehingga penjajakan terhadap figur-figur yang dianggap layak sebagai calon Bupati Alor untuk lima tahun kedepannya harus dilakukan. Dan pada Minggu (10/3/2024) Brikmar melalui akun facebooknya “Buche Brikmar” memosting dua buaf fotonya bersama Bupati Alor Periode 2009-2014, Drs.Simeon Th.Pally. Foto pertama terlihat Simeon Th.Pally didampingi istrinya Meteroida Pally Kasim sedang mengalungi Buce Brikmar dengan selendang. Foto kedua, Buce Brikmar dan Simeon Th.Pally berjabatan tangan erat sambil tersenyum. Nampak tangan kiri Buce Brikmar merangkul ‘mesra’ bahu Simeon Th.Pally.

Yang menarik, pada postingannya dengan menandai sekitar 35 teman FB termasuk media ini, adalah narasi yang ditulis mantan Anggota DPRD Kabupaten Alor dari PKB periode 20014-2019 itu, untuk menjelaskan moment dia berpose bersama Drs.Simeon Th.Pally.

“Dua program prioritas nanti adalah percepatan pemekaran Pantar sebagai kabupaten Baru demi serapan tenaga kerja disana dan harus terwujud itu, yang kedua adalah menstabilkan kembali harga komoditi pertanian demi rakyat kita di desa-desa. Malam ini, saya silaturahmi ke Rumah Bpk Drs.Simeon Th Pally mantan Bupati Alor yang dikenal sebagai bapak Komoditi bagi para petani di Alor. Sehat selalu Bpk, Tuhan memberkati selalu. Amin #PKB_Siap_Menangkan_PilkadaAlor,” demikian tulisan Buche Brikmar di akun facebooknya.

Hingga Selasa (12/3/2024) pukul 09.30 Wita atau setengah sepuluh pagi, postingan Buche Brikmar ini disukai oleh 170 orang, 47 komentar, dan delapan kali dibagikan. Yang berkomentar, antara lain akun Brary Prima dengan komentar,Trio Pantar : AG, IB, SP. Sedangkan akun Iskandar Manapa berkomentar: Terbaik kolaborasi pikiran cerdas yg melahirkan program prioritas yg cemerlang n berkualitas ttp semangat n sukses selalu pak ketua. Sedangkan akun Pontius W M berkomentar: Saya hanya mau bilang pertanda awal yang baik. Buceh Brickmar politikus yang cerdas. Terimakasih pak Buche Brikmar. Akun Ed Plaimo berkoementar singkat: Kualitas. Sementra itu, akun Khristian Plaikol dengan komentar: Gagasan yg cemerlang. Masyarakat menanti dan membutuhkan.

Apakah manuver Buche Brikmar ini sebagai signal awal bahwa PKB akan mengusung Simeon Th.Pally sebagai Calon Bupati Alor pada Pilkada serentak yang akan berlangsung pada November 2024 ini? Kita tunggu saja dinamika politik selanjutnya. Yang jelas PKB yang punya empat kursi di DPRD Alor, masih harus mengajak partai politik lain untuk membentuk koalisi, karena syarat minimal untuk bisa mengusung pasangan calon, jika menggunakan pendekatan kursi DPRD, maka minimal harus enam kursi. Artinya PKB Alor masih butuh minimal dua kursi lagi untuk bisa mengusung pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Alor.

PKB meraih 11.204 suara sah memperoleh 4 kursi, Partai Gerindra dengan 9.667 suara sah mendapat 4 kursi, PKS dengan 8.083 suara sah juga ketiban 4 kursi. Sedangkan Parpol yang masing-masing meraih 3 kursi DPRD Alor yakni Partai Nasdem 10.932 suara sah, Partai Demokrat dengan 10.716 suara sah, dan Partai Golkar yang meraih 8.175 suara sah.
Sementara itu, ada 4 Parpol yang masing-masing memperoleh 2 Kursi DPRD Alor, yakni: PDIPerjuangan dengan 9.258 suara sah, PAN 9.230 suara sah, Perindo 10.186 suara sah, dan PPP yang memperoleh 6.679 suara sah. Terakhir, PSI meraih 1 Kursi DPRD Alor dengan total suara sah 6.112. Dari 18 Parpol peserta Pemilu di Kabupaten Alor, ada tujuh Parpol yang tidak memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Alor yakni Partai Hanura, Garuda, PBB, Buruh, PKN dan Partai Umat.

PKB yang pada Pemilu sebelumnya hanya meraih satu kursi, berhasil mengalahkan dominasi PDI Perjuangan yang selalu menang pada dua kali Pemilu sebelumnya. Ini tentu sejarah yang ditorehkan Buche Brikmar dan jajarannya.

“Di Pelabuhan Moru, di Kota Moru ini saya jadikan sebagai titik sentral selakigus melakukan jumpa pers karena saya mau sampaikan kepada semua saudara-saudara saya mulai dari Pulau Pantar dari Moru, dari tanah kelahiran saya inilah saya berpikir, saya berjuang bersama teman-teman untuk memenangkan perjuangan politik hari ini, pada Pemilu Legislatif Tahun 2024. PKB meraih 4 kursi di DPRD Kabupaten Alor dengan meraih total sebanyak 11.204 suara sah,”tandas Buche di Pelabuhan Moru, Selasa (5/3/2024) lalu.

Hari ini, lanjut dia, PKB akan menjawab harapan seluruh rakyat Kabupaten Alor.PKB akan membangun sunergitas bersama pemerintah. Menurutnya, PKB akan membangun harmonisasi, kemitraan antara eksekutif dan legislatif (di Kabupaten Alor). PKB menjamin itu.

“PKB tidak inginkan dinamika politik yang kemudian pada akhirnya seluruh masyarakat Kabupaten Alor akan korban, tidak punya harapan. Oleh sebab itu hari ini, di hadapan bapak/ibu saudara/saidari sekalian dan seluruh masyarakat Kabupaten Alor, PKB menyampaikan rasa hormat setinggi-tingginya karena telah memberikan kepercayaan kepada PKB dan menempatkan PKB sebagai pemenang Pemilu di daerah ini,”ujar Brikmar.

Brikmar menegaskan, bahwa keberhasilan PKB hari ini bukan karena kehebatannya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Alor, bukan juga kehebatan Ketua Dewan Suro PKB Alor (H.Taufik Nampira,S.P.,M.M), bukan juga kehebatan Sekretaris DPC PKB Alor (Ernes Mandela Mokoni,S.Sos), bukan juga kehebatan para Caleg PKB, tetapi ini buah perjuagan dari seluruh rakyat di lima daerah pemilihan se-Kabupaten Alor. (ap/linuskia)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *