Silaturahmi Keluarga Besar Kominfo Alor Untuk Tingkatkan Kinerja

author
3 minutes, 32 seconds Read

alorpos.com__DINAS Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang saat ini dikomandoi Osias Gomangani,S.E.,M.M, menggelar kegiatan silaturahmi keluarga besar instansi yang menjadi ‘corong’ pemerintah ini, Senin (24/7/2023) pagi. Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas PMD, kawasan daerah lama, Padang Tekukur Kalabahi ini mengusung tema “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

Karena silaturahmi keluarga besar, maka personil Dinas Kominfo yang hadir, baik berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga kontrak atau tenaga latihan, (kecuali yang belum menikah, janda/duda) maka wajib bersama istri atau suami masing-masing. Hal ini membuat acara yang dipandu Bendelina Sailana itu berjalan agak “kocak” karena saling ledek antar teman, tetapi membuat suasana keakraban kian terjalin antar mereka.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Alor, Rustam Imang,S.Pt dalam sapaan awalnya mengatakan bahwa silaturahmi dilakukan karena Kadis, Sekretaris Dinas dan salah satu Kepala Bidang merupakan orang baru di lembaga ini. Osias Gomangani, mantan Kadis Arsip dan Perpustakaan ini, baru saja bertukar tempat dengan Ridwan Iho di Dinas Kominfo pada bulan Mei 2023 lalu. Demikian pula Sekretaris Dinas Kominfo, Rustam Imang dan Kabid Aplikasi dan Informatika, Yapi Lau, juga relatif baru di Kominfo.

Kadis Kominfo Kabupaten Alor, Osias Gomangani (keempat dari kiri) dan sekretarisnya, Rustam Imang (keempat dari kanan) dan para pejabat lingkup Dinas Kominfo bersama istri

“Karena itu penting untuk kita saling memperkenalkan diri, baik pejabat eselon maupun staf dan tenaga latihan. Silaturahmi inipun ada hal-hal yang disampaikan pa Kadis Kominfo untuk disepakati bersama,”kata Rustam.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Alor, Osias Gomangani,S.E.,M.M., mengawali sambutannya dengan mengakui bahwa acara silaturahmi tersebut agak terlambat, tapi baginya lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Menurut Osias, siklus kehidupan manusia itu ibarat roda, yang berputar ke atas dan ke bawah, ada senang, ada duka.

Para staf Dinas Kominfo bersama istri/suami saat acara silaturahmi, Senin (24/7/2023)

Acara silaturhami itupun, kata Osias, Dinas Kominfo Kabupaten Alor dalam suasana duka, karena ayahanda dari salah satu stafnya, Muhamad Taufik, meninggal dunia. Osiaspun mengajak seluruh staf yang hadir untuk tunduk sejenak dan berdoa untuk almarhum. Selanjutnya Osias menekanan bahwa silaturahmi itu merupakan wujud ikatan persahabatan atau persaudaraan dalam lingkup yang umum. Silaturahni itu, jelas Osias, bermanfaat bagi kehidupan dan kegiatan sehari-hari.

Osias menilai Dinas Kominfo itu sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang besar karena punya banyak pegawai, baik itu ASN, maupun non ASN. Ia menyebut ada sekitar 42 ASN, dan tenaga latihan ada 31 orang. Lingkungan kerja juga, kata Osias, bukan dalam satu gedung kantor tetapi tersebar pada beberapa kantor kecil, seperti Kantor Bidang Persandian, (dulunya Santelda) yang dipimpin Agustinus Gorangmau, Kantor UPT Televisi dan Radio Daerah yang dipimpin John Dael, dan Kantor Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Pimpinan yang dinakhodai Aksa Kiri.

Kadis Kominfo Kabupaten Alor, Osias Gomangani saat menyampaikan arahan dalam acara silaturahmi bersama seluruh stafnya

“Kantor yang berhamburan begitu, bagaimana cara mengontrol staf. Hari ini satu staf muncul, kita baku kenal. Besok satu staf muncul lagi, kita sudah tidak kenal lagi. Karena itu kita buat kegiatan sulaturahmi hari ini, untuk mendekatkan satu sama yang lain, perkenalan satu sama yang lain. Kita harus saling mengenal dan selalu bersama-sama, baru kita bisa mengerjakan hal yang beratpun menjadi ringan. Kita bergandengan tangan antara satu dengan yang lain dalam bekerja,”tegas Osias, didampingi Ketua Dharma Wanita Unit Dinas Kominfo Kabupaten Alor, Mery Raya Gomangani.

Kesempatan itu Osias juga menekankan bahwa untuk meningkatkan kinerja staf, maka apel pagi akan diperketat karena ruang kerja berbeda-beda, tidak berada dalam satu gedung kantor. Ada juga kebijakan untuk saling membantu antar staf jika ada suka dan duka, terutama soal kedukaan yang tidak pernah direncanakan sebelumnya, sehingga disepakati ada kontribusi masing-masing staf.

Selain itu, Osias juga mewajibkan istri-istri setiap ASN di OPD ini agar wajib mengikuti kegiatan Dharma Wanita. Rencananya, pada bulan Agustus mendatang diadakan Rapat Dharma Wanita Dinas Kominfo, untuk melanjutkan program apa saja yang telah diletakan oleh Ketua Dharma Wanita sebelumya, serta membuat program baru yang dirasa penting.

Sekretaris Dinas Kominfo, Rustam Imang saat memperkenalkan Kepala Bidang Persandian, Agustinus Gorangmau (berdiri)

Puncak acara silaturahmi ini, semua Pimpinan dan staf Dinas Kominfo saling memperkenalkan diri bersama pasangan (istri atau suami) masing-masing, dipandu Sekretaris Diskominfo, Rustam Imang. (ap/linuskia)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *