Pamit, AKBP Agustinus Christmas Diminta Terus Promosikan Pariwisata Alor

author
8 minutes, 30 seconds Read

AJUN Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agustinus Christmas Tri Suryanto,S.I.K menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Alor tergolong singkat, karena hanya selama satu tahun, enam bulan sepuluh hari. Karena berdasarkan Surat Kapolri Nomor: ST/166/I/KEP./2022 tertanggal 24 Januari 2022, AKBP Agusinus Christmas,S.I.K., Diangkat Dalam Jabatan Baru Sebagai WADIRINTELKAM (Wakil Direktur Intelijen Keamanan) Polda NTT. Agustinus Christmas digantikan oleh AKBP Ari Satmoko,S.H.,S.I.K.,M.M., sebagai Kapolres Alor yang baru.
Selanjutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh alorpos.com di Mapolres Alor, bahwa sesuai Telegram Kapolda NTT, Pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) para pejabat di lingkungan Polda NTT, akan dilaksanakan pada 9 Februari di Kupang. Karena itu, AKBP Agustinus Chrismas menggelar acara pamitan dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Alor, pada Sabtu (5/2/2022) Aula Isak-Ismail, kawasan Aikoli Kang, Kelurahan Welai Barat, Kecamatan Teluk Mutiara.

Penampilan penari dari Sanggar Tari Golu Gapung

Acara yang dipandu salah satu MC kondang Alor, Nonce Kalla itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Ada senyum dan gelak tawa, ada pula derai air mata keharuan. Acara yang dihadiri Bupati Alor, Drs.Amon Djobo, Wakil Bupati Alor, Imran Duru, Dandim 1622 Alor, Kajari Alor, Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi, para pengusaha dan berbagai elemen masyarakat itu, diawali dengan penampilan penari dari Sanggar Tari Golu Gapung.

Bupati Alor, Drs.Amon Djobo (kedua dari kiri) dan Wabup Imran Duru,S.Pd.,M.Pd (ketiga dari kanan), bersama Forkopimda Alor mengapit Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas dan Ny.Vannesa Christmas

Bupati Alor, Drs.Amon Djobo ketika menyampaikan kesan dan pesannya, antara lain mengatakan, bahwa lagu Si Mane, karya mendiang Drs.Laurensius Duka Luil yang dinyanyikan Anggota Pesparawi Kabupaten Alor dalam acara ini, adalah lagu daerah dari Alor Selatan yang artinya menguatkan orang bersaudara dalam melaksanakan tugas pengabdian. Dan bupati Djobo menilai Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas merupakan sosok yang bersahabat, kekeluargaan dalam membangun sinergitas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Karena itu pula, bupati Alor dua periode inipun mengaku selalu memacu para pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk selalu membangun persaudaraan dalam melaksanakan tugas.

Persembahan lagu dari anak-anak Pesantren Cijantung Tujuh Moepali-Alor

“Tiga minggu lalu, kita baru melepas pa Dandim 1622 Alor (Letkol.Inf.Supyan Munawar,S.Ag) yang pidah tugas ke Kodam Udayana di Denpasar. Hari ini kita melepas pa Kapolres Alor yang pindah tugas ke Polda . Teman yang baik itu ada ketika semua orang tiada. Persahabatan tidak sebatas kerja. Walaupun pa Dandim dan pa Kapolres pindah tetapi tetap menjadi tokoh Alor di luar sana, di tempat tugas yang baru,”tandas Djobo.
Menurut Djobo, Pemerintah Kabupaen Alor berhutang budi kepada jajaran Polres Alor dan TNI Kodim 1622 Alor, karena selalu berada di depan pada masa-masa sulit, seperti saat pandemi Covid-19 melanda, bencana alam badai siklon tropis seroja, vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, hingga banjir bandang belum lama ini di Kalabahi dan sekitarnya.

Sejumlah Pengusaha top Alor seperti Enton Jodjana, Frans Yobeanto dan lainnya bersama AKBP Agustinus Christmas dan Ny.Vannesa

Bupati Djobo juga menilai AKBP Agustinus Christmas masih berusia muda, tetapi punya kesabaran dalam menyelesaikan persoalan. Orang nomor satu Nusa Kenari inipun memuji Kapolres Alor karena selalu berada di tengah masyarakat, baik di kota maupun di desa-desa terpencil.
“Kapolres Alor ini keliling wilaya sampai di Marica, Apui, Peitoko, dan lain-lain karena peduli masyarakat dan mencintai daerah ini. Kita doakan, agar bintang bersinar di atas pundak,”kata Djobo disambut aplaus ratusan hadirin.
Lebih jauh Djobo berpesan kepada AKBP Agustinus Christmas, agar jgn bosan berbuat baik di tempat tugas baru dan tempat lainnya, sama seperti perbuatan baik yang telah dilakukan selama ini di Kabupaten Alor. Bahkan Djobo berharap agar Christmas yang gemar menulis itu agar terus mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Alor.
“Jangan bosan mempromosikan pariwisata Alor karena saya tahu bapak Kapolres Alor juga pegiat media sosial yang selalu mempromosikan potensi pariwisata Alor. Saya Dukung ada tempat wisata baru yang mengabadikan nama Agustinus Chrismas. Kita doakan agar nanti kita baca di media massa, bahwa sudah menjadi Kombes. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan saat kita rapat-rapat bersama selama bertugas di Alor,”pungkas Djobo.

Persembahan lagu Si Mane dari anggota Pesparawi Putri Alor yang dikoordinir Ketua I LPPD Alor, Obeth Bolang,S.Sos

Sebelumnya, pesan kesan mewakili anggota Polres Alor disampaikan Wakapolres, Kompol.Pieter M.Johannis. Menurut Johannis, AKBP Agustinus Christmas sangat kebapakan dalam memimpin.
“Pak Kapolres ini selalu berada di lapangan. Soal vaksin begitu bersemangat , secara fisik kami lelah, tetapi karena motivasi bapak Kapolres, kami tetap bersemangat, sehingga prosentasi vaksin di Alor sudah mencapai 70 % lebih saat ini,”ujar Johannis.
Johanis memuji AKBP Agustinus Christmas yang menghadapi anggota polisi yang ‘nakal’, dengan prinsipnya, “kesalahan kamu adalah kesalahan saya juga. Kelemahan kamu, adalah kelemahan saya juga”. Johannis juga terkesan dengan prinsip Kapolres, yakni jangan suka mengeluh tentang tempat tugas yang sulit, misalnya Peitoko, dan lain-lain.

Kajari Alor, Syamsul Arif,S.H.,M.H saat menyampaikan kesan dan pesannya mewakili Forkopimda Alor

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Alor, Syamsul Arif,S.H.,M.H mewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Alor, untuk menyampaikan pesan dan kesan. Syamsul Arif mengaku kagum atas kiprah AKBP Agustinus Christmas, terutama dalam upaya membangun sinergitas antar lembaga, selama bertugas di Alor .
“Sukses dalam tugas baru sebagai WadirIntelkam di Polda NTT. Terima kasih kita selalu bersinergi dalam Tupoksi kita masing-masing. Saya terkesan dengan kata-kata saudara saya pa Kapolres ini, bahwa pekerjaan seberat apapun akan bisa ringan kalau kita bersinergi. Ini tepuk tangan untuk pa Kapolres. Mohon maaf apabila dalam tugas sehari-hari ada hal yang kurang berkenan,”tandas Kajari, sembari berharap bisa bersua kembali dengan AKBP Agustinus Christmas suatu hari nanti.

Persembahan lagu dari Nazar Voice Otvai

Giliran Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas menyampaikan kesan dan pesannya selama bertugas di Alor. Menurut Christmas, sebelum menjabat Kapolres Alor, ia bertugas di Polda Maluku. Saat memulai tugas itu, ia mengaku cukup mendengar banyak tentang dinamika di Alor. Dia kemudian menilai alam Alor begitu indah dan orangnya ramah.
“Alor yang disebut sebagai Tanah terjanji, surga di timur matahari itu memang sangat bagus. Alor ini indah. Alamnya lestari orangnya ramah. Saya dari Polda Maluku, temukan Alor dengan persoalan yang kompleks. Melihat Polres Alor dengan kekuatan 314 anggota, Kodim (Kodim 1622 Alor) dengan 200-an orang. Maka sejak awal saya menghadap pak Bupati Alor dan senior-senior (Forkopimda) yang sudah lebih dahulu bertugas di Alor, agar kita bangun sinergitas dalam tugas,”kata Christmas.

Para pimpinan OKP di Kalabahi bersama AKBP Agustinus Christmas dan Ny.Vannesa Christmas

Ia juga selalu membimbing anggota Polres Alor, terutama yang masih berusia muda agar bekerja secara profesional dalam melayani dan mengayomi masyarakat, dan menjaga citra kepolisian.
“Kalau saya keras, mungkin sekitar 70 persen anggota bisa masuk sel. Tetapi nanti saya bekerja dgn siapa. Maka saya bersama para perwira melakukan pembinaan untuk kerja profesioanl demi citra polri,”tegas Christmas yang saat itu didampingi Ketua Bhayangkari Polres Alor, Ny.Vannesa Christmas.
Ia juga berpesan kepada anggota Polres Alor, apapun yang dilakukan harus sesuai prosedur. Ia menyadari blm banyak yang dibuatnya untuk Kabupaten Alor. Tapi mengaku selalu berpesan kepada anggotanya, agar jangan ada satu jengkal tanahpun di Alor yang tidak mendapat pelayanan Polri.

Wakapolres Alor, Komisaris Polisi Pieter M.Johannis saat menyampaikan pesan dan kesan mewakili keluarga besar Polres Alor

“Terima kasih kepada perwira dan anggota yang selalu mendukung kami dalam melaksanakan tugas-tigas. Terima kasih kepada Kodim 1622 Alor, dimana para Babinsanya luar biasa dalam membantu menjaga Kamtibmas. Makanya penghargaan selaku berikan secara periodik kepada para Babinsa yang berjasa,”tandas Christmas.
Ia juga menyampaikan terina kasih kepada Bupti Alor, Drs.Amon Djobo yang mendukung akomodasi bagi anggota Polri yakni Brimob yang mulai menetap di Alor.
“Terima kasih kepada semua pihak di daerah ini dalam mendukung Polri. Kiranya kerja sama terus terjaga. Tak ada gading yang tak retak, sebagai manusia tak ada yang sempurna. Karena itu mohon maaf jika ada kesalahan selama kami bertugas di Alor,”tutup AKBP Agustinus Christmas.

Ketua Klasis Alor Barat Laut mewakili Jemaat Gereja Tiberias Malal, Pulau Pura menyerahkan cindramata kepada Kapolres Alor, AKBP Agustinus Christmas dan Ny.Vannesa Christmas

Pantauan media ini, berbagai pihak, baik lembaga maupun perorangan, antri menyampaikan cindramata kepada AKBP Agustinus Christmas dan istri. Diawali dengan penyerahan bingkisan dari Polres Alor, Brimob, menyusul Bank NTT Cabang Kalabahi, BRI Cabang Kalabahi, Dinas Kesehatan Kabupaten Alor karena kerja keras Kapolres Alor ini dalam menggerakan masyarakat untuk melaksanakan vaksin Covid-19. Cindramata juga dari Jemaat Tiberias Malal Pulau Pura, karena kerja sama Polres Alor yang membangun Taman Baca Polisi Sahabat Anak di Gereja Malal. Cindramata juga diserahkan Ketua PN Kalabahi, Dandim 1622 Alor, Camat Teluk Mutiara, Ridwan Nampira,S.Sos.,, Resto Mama yang diserhakna Dra.Sri Inang Ananda Enga dan H.Aris Wahyudi,SH., WWF, dan mama Sariat dari kelompok penenun Gunung Mako, karena Kapolres dan Ketua Bhayangkari Polres Alor itu pencinta tenunan khas Alor.

Penghagaan Kepada Jurnalis

Pimred Metro Alor, Yusram Bainkabel,SE., Pimred Tribuana Pos, Demas Mautuka,SPt., Pimred Warta Alor, Jhony Kanairmai dan wartawan SeputarNTT.Com, Anwar Manumpa,SPt saat menerima Penghargaan dari Kapolres Alor dalam upacara Apel di Mapolres Alor

Satu hal luar biasa yang dirasakan para jurnalis di Alor, bahwa AKBP Agustinus Christmas, ssebagai Kapolres Alor pertama dalam sejarah Kabupaten Alor yang menggelar apel di halaman Mapolres Alor pekan lalu, untuk memberikan penghargaan sebagai wujud terima kasihnya kepada para wartawan di Kabupaten Alor. Ini antara lain kutipan kesan dan pesan AKBP Agustinus Christmas kepada para wartawan di Kabupaten Alor;
Penghargaan dan ucapan terima kasih Kapolres Alor kepada insan pers di Kabupaten Alor, tetaplah berkarya jurnalistik untuk memperkaya khasanah keilmuan kita, pertajam pena saudara melalui sumber-sumber informasi terpercaya dan akurat. Jangan kalah dengan penulis-penulis media sosial yang terkadang tidak mengindahkan etika jurnalistik dalam penyampaian berita. Kalian adalah pahlawan-pahlawan pena. Terima kasih atas support media dalam memberitakan kegiatan-kegiatan kepolisian memelihara Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Alor. Terima kasih pulau atas kritikan kepada kami, karena dengan kritikan merupakan masukan bagi kami untuk menginstrospeksi diri, supaya tidak terbuai dengan pujian-pujian. Dimanapun saya bertuga, saya selalu berkawan dengan rekan-rekan wartawan. (ap/linuskia)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *