Lepas 19 Jamaah Haji, Pj.Bupati Alor Minta Jamaah Jaga Nama Baik Daerah. Tertua 86 Tahun. Daftar Sejak 2013

author
3
2 minutes, 34 seconds Read

alorpos.com–PENJABAT Bupati Alor, Dr.Drs.Zet Soni Libing,M.Si., melepas 19 Jamaah Haji asal Kabupaten Alor, Rabu (29/5/2024) di Aula Nusantara, Lantai I Kantor Bupati Alor.
Dalam sambutannya, Soni Libing menilai perjuagan calon jamaah haji untuk bisa berangkat itu melalui proses yang tidak gampang sejak Tahun 2013.

“Ini suatu proses panjang, suatu pergumulan yang Tuhan jawab di Tahun 1445 Hijriah atau di Tahun 2024. Karena itu sebagai pimpinan di daerah ini, saya berpesan kepada orang-orang tua peserta Ibadah Haji ini dapat menjalani ibadah haji dengan baik, jaga kesehatan, agar semua proses ibadah di tanah suci berjalan dengan baik,”himbau Libing.

Pada akhirnya, lanjut Libing, saat jamaah haji kembali akan dijemput dalam keadaan sehat. Mantan Pj.Bupati Manggarai inipun berpesan agar para jamah haji bisa menjaga nama baik Kabupaten Alor.

“Sampai di sana (Mekkah), selain menjalani ibadah haji, doakan juga kita punya daerah ini, agar kehidupan dan kebersamaan menjadi baik, toleransi menjadi baik, dan segala hal yang kita kerjakan ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat,”ajak Libing.

Sebelum itu, Plt.Kepala Kementrian Agama Kabupaten Alor, Philina E.M.Laning,S.Th dalam laporannya mengatakan bahwa pihaknya selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melakukan pelayanan terbaik kepada calon Jamaah Haji yang sudah mendaftarkan diri dan akan berangkat pada tahun berjalan.

“Jumlah Jamaah Haji asal Kabupaten Alor berjumlah 19 orang dan satu orang petugas, dengan rincian; perempuan 15 orang, laki-laki empat orang dan petugas satu orang,”ungkap Laning.

Dari segi usia jamaah haji, Laning melaporkan bahwa yang termuda yakni Reinaldi A. Abdulnaser, berusia 36 tahun. Sedangkan jamaah tertua yakni ibu F.Dolu Hasan Amir Kia yang berusia 86 tahun. Menurutnya, untuk mengikuti musim haji 1445 Hijriyah ini, rata-rata 19 jamaah tersebut mendaftar sejak Tahun 2013 dan telah memenuhi syarat. Sejumlah syarat itu antara lain pendaftaran untuk mendapat nomor kursi, melakukan pelunasan biaya haji, menyiapkan passport, dan pemeriksaan kesehatan.

Sedangkan jadwal keberangkatan dan pemulangan, Laning mengemukakan bahwa pada 30 Mei 2024 berangkat dari Alor ke Surabaya, transit Bandara El Tari Kupang. 1 Junin 2024 jam 11.10 WIB, masuk di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. 2 Juni 2024 jam 11.10 WIB, berangkat dari embarkasi Surabaya menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah. 14 Juni 2024 berangkat dari Mekkah menuju Padang Arafah untuk persiapan Wukuf. 15 Juni 2024 melaksanakan Wukuf di Arafah.

Selanjutnya,15 Juni 2024 Pukul 16.00 Waktu Arab Saudi seluruh jamaah haji akan didorong ke Muzdalifah dan selanjutnya ke Mina untuk melontar Jumrah. Selanjutnya jamaah kembali ke Mekkah untuk melaksanakan Thawaf. 3 Juli 2024 jamaah akan berangkat ke Madina untuk melaksanakan Arbain selama delapan hari. 14 Juli 2024, jamaah akan tiba kembali di tanah ar melaui embarkasi Surabaya. Pada 15 Juli 2024 dari Surabaya ke Kupang, dan pada 16 Juli 2024 akan tiba kembali di Alor.

Acara pelepasan jamaah haji ini dihadiri pula unsur Forkopimda Kabupaten Alor, Ketua MUI Alor, Muhamad Bere,SH., para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Alor, serta sejumlah tokoh masyarakat dan alim ulama setempat. (ap/linuskia)

Similar Posts

3 Comments

  1. avatar
    fun88 ถอนเง น นาน ไหม says:

    ดังนั้น ถ้าคุณกำลังมองหาประสบการณ์การเดิมพันที่สนุกและไม่มีเวลาเบื่อ พร้อมทั้งต้องการความปลอดภัยในการทำธุรกรรม กับ fun88 บ ญช เวปไซต คุณจะได้สัมผัสความสุขและความสำเร็จในการเดิมพันกีฬาและคาสิโนสดทุกวัน

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *