Julie Laiskodat Sosialisasi 4 Pilar di Kabola-Alor. Mantaon Juga Bicara Pemilu 2024

author
3 minutes, 40 seconds Read

ANGGOTA DPR RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Julie Sutrisno Laiskodat melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada masyarakat Kelurahan Kabola, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur, (16/4/2022) di Kantor Lurah Kabola. Pantauan alorpos.com, Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat itu diwakili Ketua DPD Partai Nasdem, Drs.Yulius Mantaon sebagai pemateri kedua dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Sedagkan pemateri pertama, juga mewakili Anggota DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat, yakni akademisi dari Universitas Tribuana Kalabahi, DR.Hermayanti Mantaon,SE.,MM. Sosialisasi yang dibuka Lurah Kabola, Dominggus Maulaka ini, nampak hadir pula Ketua Fraksi Nasdem DPRD Kabupaten Alor, Deny Padabang,A.Md.T dan sejumlah pengurus partai yang didirikan Surya Pallo itu.

Lurah Kabola, Dominggus Maulaka (kiri) berbincang serius dengan Ketua Fraksi Nasdem di DPRD Kabupaten Alor, Deni Padabang,A.Md.T

Lurah Kabola yang akrab disapa Aming Maulaka dalam sambutannya antara lain menyampaikan terima kasih kepada Julie Sutrisno Laiskodat, karena Kelurahan Kabola dijadikan tempat pekaksanaan kegiatan dimaksud, sehingga masyarakatnya punya pemahaman yang cukup dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, merupakan bagian dari sebuah falsafah kehidupan kebangsaan yang mengikat kehidupan bangsa dan negara,”tandas Aming.
Ia berpendapat, dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, maka era sekarang banyak media-media hoax, yang memberitakan hal-hal yang dapat mengancam kebersamaan dan persatuan kehidupan bangsa dan negara ini. Oleh karena itu, lanjut Aming, pelaksanan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu sangat bermanfaat bagi semua pihak untuk menjaga keutuhan NKRI.
“Kepada para peserta sosialisasi ini, bapak ibu adalah wakil dari seluruh masyarakat, sehingga setelah kegiatan ini, dapat menjadi media untuk menyampaikan informasi tentang 4 Pilar Kebangsaan ini kepada masyarakat lainnya di lingkungan masing-masing,”himbau Aming.

Drs.Yulius Mantaon (kiri), Ketua DPD Nasdem Kabupaten Alor

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Alor, Drs.Yulius Mantaon mengemukakan bahwa kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan bagian dari Reses Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Flores, Alor dan Lembata, Julie Sutrisno Laiskodat. Mantaon kemudian menjelaskan apa itu reses anggota dewan, yakni kegiatan di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan untuk menampung aspirasi masyarakat.
“Kalau kami di kabupaten/kota, satu tahun tiga kali reses, sedangkan di DPR RI itu dalam satu tahun sekitar lima atau enam kali. Reses untuk menghimpun aspirasi masyarakat yang akan akan dirumuskan di fraksi, lalu dibwah dalam pembahasan Rancangan Angaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,”tandas Mantaon.
Lebih lanjut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Alor ini menjelaskan, bahwa Anggota DPR RI adalah sekaligus sebagai Anggota MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), dan salah satu tugas MPR yakni mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan. Mantaon mengungkapkan bahwa 4 Pilar Kebangsaan ini merupakan peninggalan gagasan almarhum Taufik Kiemas, ketika suami Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri itu menjadi Ketua MPR RI.
“Sebuah warisan kebangsaan dari Bapak Taufik Kiemas itu 4 Pilar Kebangsaan, dan sekarang disosialisasikan MPR. Memang di tingkat akamdemis itu ada berbagai macam tanggapan, tetapi sudah menjadi salah satu komitmen dari Lembaga Tinggi Negara, yaitu MPR untuk mensosialisasaikannya,”tegas Mantaon.

Warga Kelurahan Kabola, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor-NTT serius menyimak materi sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Kamis (28/4/2022)

Menurut mantan Plt.Sekda Kabupaten Alor ini, bahwa ada dua bagian materi yang disampaikan dalam sosial dilmaksud. Materi pertama, kata Mantaon, dibawakan oleh dosen Universitas Tribuana Kalabahi, DR.Hermayanti Mantaon,SE.,MM., tentang Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan materi kedua yang dibawakannya, tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.
Menariknya, mantan Kepala Kantor Sospol Kabupaten Alor ini berpendapat, bahwa karena saat ini menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), maka dia menjelaskan pula tentang pentingnya Pemilu yang perlu didukung oleh semua pihak.
“Ada informasi seperti di pasar gelap, bahwa mau tunda Pemilu 2024 turut menjadi pemicu demonstrasi mahasiswa di Jakarta dan di mana-mana, tetapi Presiden sudah tegaskan bahwa kami partai-partai politik pendukung pemerintah, tidak boleh omong tentang penundaan Pemilu. Kami harus sosialisasikan tentang Mensukseskan Pemilu 2024, sehingga itu juga saya sampaikan dalam sosialisasi ini,”tandas Mantaon.

DR.Hermayanti Mantaon,SE.,MM

Sedangkan DR.Hermayanti,SE.,MM., ketika menyampaikan materinya mengemukakan bahwa komponen-komponen dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi Negara, serta tambahan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI sebagai Bentuk Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Puluhan masyarakat Kelurahan Kabola, nampak antusias mengikuti sosialisasi dimaksud. (ap/linuskia)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *