Devis Karmoy, Bupati Alor dan Gebyar HUT Kabupaten Alor Ke-64

author
4 minutes, 34 seconds Read

DEVIS Abuimau Karmoy,M.Ikom., seorang jurnalis muda Nusa Kenari yang meniti karir jurnalistik nun jauh di Medan, ibu kota Propinsi Sumatra Utara itu, punya kepedulian tinggi terhadap kampung halamannya, Kabupaten Alor. Wujud kepeduliannya itu, dengan menggelar sejumlah event untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Alor ke-64 pada 20 Desember 2022 mendatang. Devis saat jumpa sesama jurnalis di Alor, Sabtu (10/12/2022) di Resto Mama, kawasan Kadelang Kalabahi, mengemukakan bahwa melalui PT.Dailyklik yang dipimpinnya, menggelar sejumlah kegiatan, seperti Pertandingan Futsal antar klub se-Kabupapeten Alor, Seminar Bertajuk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Alor Berkelanjutan dan Gerak Jalan Sehat yang melibatkan 1000 orang. Selain itu, pada puncak perayaan HUT Kabupaten Alor itu, pihaknya juga mengemas sebuah acara bertajuk Malam Apresiasi.
Sekitar pertengahan November lalu, Devis mengaku menyampaikan gagasannya kepada Bupati Alor, Drs.Amon Djobo,M.A.P., untuk menggelar beberapa event dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Alor ke-64 Tahun 2022. Menurut Devis, gagasan itu disambut baik bupati Djobo. Sebagai bagian dari putra daerah ini, Devis merasa punya tanggung jawab juga untuk memaknai HUT Kabupaten Alor, sekaligus  menyemarakan hari bersejarah itu untuk membangkit semangat warga setempat pasca Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Nusa Kenari ini.
“Gagasan ini lahir dari ide dan gagasan saya sendiri, dan kemudian menuangkannya dalam bentuk surat kepada Pemkab Alor, dan ternyata disambut positip oleh Bupati Alor,”tandas Devis.

Dari kiri ke kanan: Markus Kari, Devis A.Karmoy, Bupati Alor, Amon Djobo, Asisten II Setda Alor, Dominggus Asadama dan Kabag Tatapem Setda Alor, Yurike Djobo di ruang kerja Bupati Alor

Buktinya, sebagaimana pantauan alorpos.com, Devis, mantan wartawan Alor Pos Biro Makasar-Sulawesi Selatan ini diterima Bupati Alor, Drs.Amon Djobo,M.A.P., Jumad (9/12/2022) di ruang kerjanya. Devis A.Karmoy didampingi Markus Kari,S.Pd kemudian menyampaikan kesiapan mereka dalam menyelenggaran sejumlah event untuk memeriahkan HUT Kabupaten Alor ke-64. Bupati Djobo yang saat itu didampingi Asisten II Setda Alor, Drs.Dominggus Asadama dan Kabag Tatapem Setda Alor, Yurike Djobo nampak sangat mengapresiasi Devis Karmoy yang dinilainya sebagai anak muda yang mampu membuat terobosan dalam memeriahkan HUT Kabupaten Alor. Karena itu bupati Djobo menyampaikan kepada Asisten II agar berkoordinasi pula dengan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar bisa membantu untuk menyukseskan kegiatan dimaksud.
Kegiatan pertama, yakni Kejuaraan Futsal yang diikuti 40 tim dan terbagi dalam 8 Pool telah dimulai pada Minggu (11/12/2022) sore. Kejuaraan Futsal ini berlangsung di Planet Futsal BTN Bungawaru, Kalabahi ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Alor, Drs.Imanuel Laukamang. Menurut Devis, pertandingan futsal ini berlangsung selama satu minggu, dimana semua wasit berasal dari Asosiasi Futsal Kabupaten Alor. Sedangkan tim yang terbagi dalam 8 Pool, masing-masing lima tim/pool yakni Pool A: Mabes Kamla, Udesah, The Kanter, Kebersamaan dan Asensio. Pool B: Brigade FC, Putera Bahari, Boss Famliy, Barcan, dan Sanggali FC. Pool C: H2OTR, Dadakan, Garepi, Doa Ibu dan Old Friend. Pool D: Pas Family, Remaja Lembur, Akamsi Fustal, Ika Mataram, dan Visilio.
Pool E: Bunga Bali, Anomali, PGSD Untrib, Jawi Family, dan Gempar. Pool F: Cahaya Timur, Apung Obo, Gaza, Munchen, dan Gracia. Pool G: Infinity, RSD Kalabahi, Padakika, Ganzaq, dan BTN. Pool H: Tubbe FC, Putera Betlehem, Anapoci, OMK, dan Infinity.

Devis A.Karmoy (kanan menghadap kamera) saat jumpa wartawan di Resto Mama Kalabahi

Sedangkan kegatan Diskusi Pariwisata, jelas Devis, dengan Tema “Alor Toward Sustainable Marine Torism” atau Pariwisata Alor Berkelanjutan. Menurut Devis, ada tiga narasumber handal yang memahami potensi dan dinamika pengelolaan pariwisata di daerah ini, akan tampil sebagai pembicara dalam diskusi ini. Hasil dari diskusi tersebut, Devis berkomitmen akan membuatkan semacam rekomendasi kepada Pemkab Alor dan OPD terkait, sebagai sumbangsi pemikiran bagi pengembangan pembangunan pariwisata di daerah ini ke depannya.
“Ini berangkat dari pandangan saya secara global bahwa pasca pandemi Covid-19 ini, destinasi-destinasi pariwisata di Indonesia mulai ramai dikunjungi. Kita di Alor ini memiliki destinasi wisata yang menjanjikan, sehingga perlu kita bedah dalam diskui terkait pariwisata pada 15 Desember 2022 di Hotel Nusa Kenari,”kata jurnalis yang sedang meretas jalan menuju Calon Anggota DPD RI pada Pemilu 2024 mendatang ini.

Rencana Rute Gerak Jalan Santai yang membentuk formasi angka 64 sesuai usia Kabupaten Alor

Selanjutnya, pada 20 Desember, sebagai puncak kegiatan di HUT Kabupaten Alor ke-64 itu, ujar Devis, pada pagi harinya ada kegiatan Gerak Jalan Sehat yang melibatkan 1000 orang. Dia mengemukakan, bahwa skema yang direncanakan, 1000 peserta gerak jalan sehat itu akan melallui ruas jalan yang membentuk formasi 64 jika dilihat dari udara, atau saat diabadikan dengan dron. Karena itu, lanjut Devis, rute yang dilalui mulai dari garis start di halaman SMA Katolik St.Yoseph Kalabahi, sampai di pertigaan Pagi Mart belok menuju SMA Negeri I Kalabahi, kemudian berbelok menuju Perempatan Telkom Kalabahi, ada yang terbagi menuju Mapolres Alor, ada yang berbelok menuju Rumah Jabatan Bupati Alor menuju finish di Stadion Mini Kalabahi untuk membentuk Angka 6. Sedangkan barisan yang membentuk Angka 4, kata Devis, akan terbagi di jembatan menuju Kampung Pura dan berputar menuju finish di Stadion Mini Kalabahi.
Acara pamungkas yang dirancang Devis Karmoy dan timnya, yakni Malam Apresiasi yang juga berlagsung di Stadion Mini Kalabahi. Dinamai Devis sebagai Malam Apresiasi, karena menurutnya, selain sebagai moment untuk memberikan berbagai hadiah kepada tim-tim kampiun dalam Kejuaraan Futsal, termasuk Trophy Bupati Alor, pembagian door prize bagi peserta Gerak Jalan Sehat, tetapi juga memberikan penghagaan kepada lima orang tokoh yang dinilai berjasa dalam Pembangunan Kabupaten Alor.
“Jadi lima orang tokoh yang akan kita beri penghargaan itu merupakan tokoh-tokoh pembangunan sejak Kabupaten Alor ini berdiri sejak Tahun 1958, atau juga yang terakhir di Tahun 2022. Tetapi tokoh-tokoh itu tidak berafiliasi dengan partai politik,”pungkas Devis. (ap/linuskia)

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *